WITTE PALL


Witte Pall dibangun pada tahun 1839 oleh Gubernur Jendral D.J de Eerens yang memerintah antara tahun 1836-1840. Pembangunan tugu tersebut dimaksudkan sebagai peringatan kembalinya Buitenzorg (Bogor) dari tangan penguasa Inggris kepada Belanda. Selain sebagai monumen peringatan, pilar ini juga berfungsi sebagai salah satu titik triangulasi primer pulau Jawa. Yaitu titik koordinat penentuan letak sebuah lokasi berdasarkan tinggi permukaan laut. Pilar di Bogor ini sebagai titik triangulasi primer yang menandai dengan resmi tinggi letak kota Bogor di atas permukaan laut. Sebuah angka yang mutlak diperlukan bagi pembuatan peta topografi. Semua pengukuran tanah untuk pembuatan peta yang serius dan bermutu geografi Internasional seyogyanya menggunakan titik triangulasi primer ini sebagai patokan.

Pada tahun 1958 Pilar ini memasuki masa-masa terakhir kejayaannya, saat itu menjelang peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 1958 seorang anggota panitia setempat mengusulkan agar semua sisa-sisa kolonialisme Belanda dimusnahkan. Wacana penghancuran itu bergulir dan memasukkan Witte Paal sebagai salah satunya. Enam tahun kemudian atau tahun 1964 pilar ini di dinamit sampai rata dengan tanah. Bekas tempatnya yang kosong kemudian dibangun kolam bulat, lengkap dengan air mancurnya. Ketika Ratu Sirikit dari Muangthai (Thailand) berkunjung ke Indonesia pada tahun yang sama, beliau dipandang perlu untuk diminta berhenti sejenak perjalanannya dari Jakarta ke Bogor, agar menikmati air mancur.

Pada masa pendudukan sekutu, bangunan ini seakan menjadi obyek menarik para tentara untuk berfoto-foto ria. Hingga saat ini pun dilokasi tersebut walaupun telah berubah bentuk & fungsinya, namun tetap selalu dapat dinikmati warga Bogor, khususnya kalangan anak muda.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Sejarah Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s