MAKAM ABAH FALAK


Ternyata di kota Bogor terdapat beberapa masjid tua loch, salah satunya adalah masjid Al-Falak yang terdapat di desa Pagentongan kelurahan Loji kecamatan Bogor Barat, yang dulunya masyarakat di sekitar sana masih kental dengan agama Hindu serta ilmu-ilmu perdukunan. Proses pembangunan Masjid Al-Falak di awali pada tahun 1901. Wow!… Sudah cukup tua juga yach. Karena usianya yang sudah cukup tua masjid Al-Falak pernah di renovasi sampai tiga kali sehingga menghilangkan bentuk aslinya.

Oh Iya…. sebelum kita melangkah lebih jauh tentang masjid Al-Falak. Apakah kalian tahu apa arti dari Al-Falak itu sendiri? Falak adalah ilmu perbintangan atau Astronomi. Kenapa masjid itu di berikan nama Al-Falak ?, jawabannya karena KH. Falak atau  yang memiliki  nama asli Tubagus Muhammad Falak adalah pendiri dari masjid itu. Selain mendirikan masjid ternyata Abah Falak juga mendirikan pesantren lohh guys..!!!!. Tentang Masjid AL-Falak , ternyata dulu presiden pertama kita  Ir Soekarno atau biasa di panggil Bung Karno pernah mendatangani Masjid AL-Falak tiap Senin malam dan Kamis malam pukul 23.00 WIB. Saat itu beliau bertemu langsung dengan Abah Falak, katanya sih bung karno datang menemui abah Falak untuk di mintai nasehatnya….Kerrreeeennn kannn….!!!!!!

Kekaguman kita bukan hanya di situ lohh…karena selain bung karno yang pernah mendatangi masjid itu .. mantan Presiden Soeharto dan para pejabat seperti  Gubernur pernah juga ikut bertamu di sana. Oh. Ya apa kalian tahu menteri Agama kita yang sekarang ???

Yupz…Bener banget, Bapak Suryadama Ali. Ternyata beliau adalah alumnus dari pesantren Al-Falak. Subhanallah!!. Di samping itu ada beberapa tradisi yang ditinggalkan Abah Falak, yaitu tradisi pagentongan yang di peringati setiap Maulid Nabi tiba dengan mengumpulkan ambeng-ambeng dari masyarakat setempat yang di ikuti oleh 5 RT. Kemudian di kumpulkan di Masjid Al Falak untuk di bagikan lagi kepada masyarakat dengan diiringi oleh tim marawis, istilahnya dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat…hhehehehe. Perayaan itu di hadiri hampir 4000 orang, wow buanyakk banget, karena perayaan itu sangat unik dan menarik. Bahkan acara di desa pagentongan ini pernah di liput oleh televisi nasional.

Selain tradisi pagentongan ada juga tradisi pasaran . Tahu ga tradisi pasaran …!?. Tradisi pasaran yaitu pengajian besar pada bulan Ramadhan untuk menamatkan suatu kitab tertentu yang di hadiri oleh para santri senior dan beberapa kiai yang datang dari berbagai daerah yang berjauhan.  Akan tetapi tradisi itu sudah lama ditinggalkan oleh masyarakat Pagentongan.  Huuff…sayang banget yach guys …!!

Saat ini hanya tradisi pagentonganlah yang masih tetap dilakukan oleh masyarakat pagentongan.

Abah Falak dikenal sebagai orang yang dermawan, rendah hati, tidak memandang status sosial setiap tamu yang mendatanginya karena sifat yang ia miliki itu, banyak peziarah yang sengaja datang dari luar kota hanya untuk berziarah ke makam Abah Falak yang terdapat di areal komplek Pondok Pesantren Al-Falak. Bahkan dihitung-hitung ada sepuluh bus yang silih berganti menempati tempat parkir di sekitar makam beliau. Mereka berkunjung ke makam Abah Falak saat menjelang Ramadhan dan peringatan Maulid Nabi tiba.

Abah Falak wafat pada tahun 1972 diusianya yang ke 130 tahun, beliau meninggal karena sakit ringan yang dideritanya.  Beliau juga meninggalkan  tujuh orang istri dan beberapa anaknya. Desa pagentongan adalah saksi bisu tenggelamnya Masjid Al Falak beserta sejarahnya, tetapi jasa dari abah Falak terhadap desa itu tidak akan pernah hilang begitu saja dan tidak pernah tenggelam seperti masjid dan sejarahnya.

Nah gimana dengan ceritanya guys…seeruu bukan ??? Hmm….sebagai generasi muda kita harus lebih mengenali kota kita sendiri begitupun dengan sejarahnya dan jangan biarkan sejarah yang ada di kota kita hilang begitu saja karena di makan zaman atau ditelan oleh waktu. Ingat kata Bung Karno Jasmerah (Jangan Pernah Lupakan sejarah)

Okey guys…Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian…. Amien. LAPORAN RIZKY DAMAYANTI—

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Sejarah Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s